BPBD Kota Kediri Sosialisasi Penanggulangan Bencana kepada Penyandang Disabilitas

Petrus - 20 March 2017
Pelatihan dan sosialisasi bencana yang melibatkan kelompok disabilitas dan relawan BPDB Kota Kediri (foto : Superradio/Rachman Halim)

SR, Kediri – Ratusan Penyandang disabilitas di Kota Kediri, mendapat sosialisasi pelatihan penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri. Pelatihan ini bertujuan sebagai antisipasi memberikan perlindungan terhadap keselamatan kelompok disabilitas saat bencana terjadi.

Kepala BPBD Kota Kediri, Syamsul Bahri, sosialisasi dan pelatihan kepada kelompok disabilitas ini diharapkan dapat menajdi sinergi antara relawan dnegan penyandang disabilitas.

“Penanganan terhadap masyarakat umum dengan penyandang disabilitas, sangat berbeda penyampaian komunikasinya. Maka dari itu kami datangkan seorang pelatih untuk memberikan pemahaman maupun pengeritan, yang mampu berkomunikasi dengan penyandang disabilitas,” terang Syamsul Bahri.

Ratusan kaum disabel ini dikumpulkan di ruangan Joyo Boyo, Balai Kota Kediri, bersama para relawan BPBD Kota Kediri. BPBD menilai penyandang disabilitas merupakan kelompok beresiko tinggi terhadap musibah bencana, sehingga perlu diberikan pelatihan dan pemahaman mengenai bencana dan bagaimana mengantisipasinya.

“Sosialisasi awal yang diberikan berupa pengenalan mengenai bencana, serta tata cara memperlakukan penyandang disabelitas, dan juga isyarat-isyarat bila bencana terjadi yang bida dipahami kelompok disabilitas,” ujar Syamsul.

BPBD Kota Kediri kedepan akan melakukan praktek menolong penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda, atau keterbatasan fisik lainnya, sehingga bencana yang terjadi tidak menjadi kendala bagi relawan maupun penyandang disabilitas.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.