BPBD Kota Kediri Edukasi Masyarakat Melalui Kegiatan Bersih Sungai Brantas

Petrus - 15 September 2018

SR, Kediri – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, melakukan aksi bersih Sungai Brantas bersama masyarakat, sebagai upaya edukasi sekaligus pengurangan resiko bencana.

Kegiatan bersih sungai yang dilakukan pada Sabtu (15/9/2018) pagi, melibatkan sedikitnya 115 komunitas masyarakat di Kota Kediri.

Sebelum bersih sungai dimulai, dilakukan apel pagi di bawah jembatan area Taman Brantas, yang dipimpin Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif, karena memberikan edukasi sekaligus praktek langsung kepada masyarakat bahwa bencana dapat dicegah atau diminimalisir.

“Kita membersihkan sungai ini supaya tidak ada pendangkalan,” ujar Abu Bakar.

Wali Kota berharap dengan meningkatnya kesadaran bersama terhadap kebersihan lingkungan khususnya di Sungai Brantas, masyarakat Kediri dapat merasakan manfaat lingkungan yang bersih.

“Kita mengedukasi seluruh masyarakat, agar Sungai Brantas di Kota Kediri dapat dimanfaatkan dengan baik, jangan dibelakangi. Kalau dibelakangi, biasanya buat buang sampah. Kita ingin sungai-sungai di Kediri bersih,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Kediri, Syamsul Bahri mengatakan, kegiatan bersih sungai ini tidak hanya difokuskan pada area bantaran sungai saja, melainkan juga terhadap tanaman yang tumbuh di Sungai Brantas, batang kayu dan pecahan sisa pohon yang tersangkut di bawah jembatan.

“Ini ada tanaman enceng gondok juga kita bersihkan. Tanaman dapat mendangkalkan sungai karena tumbuhnya ke bawah,” kaya Syamsul.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.