Boneka Warok Raksasa Meriahkan Upacara HUT RI

Petrus - 17 August 2018
Boneka Warok memeriahkan upacara bendera HUT ke 73 Kemerdekaan RI di Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73 di Dusun Tengah, Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, berbeda dari upacara pada umumnya. Sebuah boneka warok raksasa setinggi 4 meter berada di tengah-tengah peserta upacara, seperti sedang mengikuti upacara.

Sementara itu, peserta upacara yang berjumlah ratusan ini adalah warga setempat yang berpakaian adat maupun pakaian yang sesuai pekerjaannya sehari-hari, yakni sebagai petani. Upacara bendera dilakukan di lahan sawah milik warga, dengan pembina upacara adalah sesepuh warga setempat.

Tiang bendera yang terbuat dari bambu wulung dan beberapa sepeda tua yang berjejer di pinggir tempat upacara, menambah kesan tempo dulu pada upacara ini. Hal ini menjadi pengingat warga akan suasana saat awal-awal kemerdekaan dahulu.

“Acara ini kami lakukan setiap tahun dan ini adalah wujud dari rasa nasionalisme, patriotisme, kami berlomba-lomba untuk mengisi HUT RI yang ke-73 ini,” kata Pembina Karang Taruna, Sigit Nur Bintoro, Jumat.(17/8/2018).

Menurut Sigit, keberadaan boneka raksasa dengan pakaian warok bertujuan untuk menarik warga agar mau mengikuti upacara HUT RI. Bahkan boneka warok itu juga telah diberi nama Agus, diambil dari nama bulan Agustus. Warga bergotong royong selama 5 hari untuk membuat patung warok.

“Ini bentuk kreativitas warga, patung saja ikut upacara masa warga tidak, harus ikut untuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, pemimpin upacara Suprayitno mengatakan, warga antusias menyambut HUT Kemerdekaan dengan memasang bendera di sepanjang jalan desa. Dia berharap hal ini bisa membangun rasa nasionalisme, patriotisme dan kebersamaan dalam lingkungan demi memupuk kesatuan dan persatuan.

“Sebelum upacara kami juga sudah melakukan tirakatan dan lomba-lomba, untuk upacara ini merupakan penutup acara agustusan,” pungkas dia.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.