BI Kediri Siapkan Rp. 6,5 Triliun Selama Ramadhan dan Lebaran

Petrus - 30 May 2017
Kepala Bank Indonesia, Kediri, Joko Raharto (kanan), memastikan ketersediaan uang tunai dan pecahan baru selama Ramadhan hingga Idul Fitri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri –  Bank Indonesia Wilayah Kediri menyiapkan dana sebesar Rp, 6,5 triliun untuk memastikan tersedianya uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Uang itu nantinya akan melayani kebutuhan masyarakat dan perputaran uang di wilayah Kediri, Madiun, dan Ponorogo. Jumlah ini jauh lebih meningkat dibandingkan bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu.

“Tercatat untuk tahun lalu, BI Kediri hanya menyediakan uang sebesar Rp. 5,2 triliun. Penambahan ini karena adanya peningkatan jumlah transaksi keuangan pada tahun ini,” kata Joko Raharto, Kepala Bank Indonesia-Kediri, Selasa (30/5/2017).

Sementara itu, untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk penukaran pecahan uang baru, BI Kediri telah menjalin kerjasama dengan pihak perbankan, untuk melayani penukaran pecahan uang baru, yang dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis mulai pukul 9 pagi.

“BI Kediri membatasi jumlah antrian bagi warga yang mau menukarkan uang, maksimal 50 orang. Setiap warga diberi plafon menukarkan uang baru senilai Rp. 3,7 juta dengan pecahan 20 ribu sampai 2 ribu rupiah,” ujarnya.

BI Kediri  juga membuka kas keliling untuk penukaran uang, mengikuti kegiatan operasi pasar murah di tiap-tiap kelurahan. Tidak hanya di wilayah Kediri, kas penukaran uang juga akan dilaksanakan di wilayah kerja BI Kediri, seperti di Madiun dan Ponorogo.

“Perkiraan kita selama Ramadahan dan Lebaran ini, kita siapkan Rp. 6,5 trilun, dan ini meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp. 5,2 trilun,” tandas Djoko.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.