Bertemu Menhan Korsel,  Menko Polhukam Bahas Kelanjutan Kerja Sama Pesawat Tempur KF-X/IF-X

Yovie Wicaksono - 7 March 2019
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Korea, Jeong Kyeong-Doo. Foto : (Menkopolhukam)

SR,  Korea – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Korea,  Jeong Kyeong-Doo untuk membahas kelanjutan program kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X.

Pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Presiden Joko Widodo usai melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.

“Keputusan ini dibuat dengan mempertimbangkan hubungan strategis antara Indonesia dan Korea Selatan yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan semakin erat. Walaupun saat ini pemerintah Indonesia sedang fokus pada pembangunan infrastruktur jalan,  jembatan, pelabuhan, dan bandara yang merupakan aspek vital bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan pemerataan pembangunan, namun pemerintah menganggap kerja sama pengembangan jet tempur KF-X/IF-X bersama Korea Selatan ini sangat penting untuk kemajuan teknologi dan pertahanan negara,” kata Wiranto dalam pertemuan tingkat tinggi di Seoul, Korea Selatan,  Kamis (6/3/2019).

Wiranto mengatakan, kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM Indonesia untuk menguasai teknologi kedirgantaraan generasi 4,5 yang sejalan dengan roadmap Revolusi Industri 4.0 yang diluncurkan Presiden.

Menurut Wiranto, posisi kemampuan engineer Indonesia saat ini dalam penguasaan teknologi pesawat tempur jet masih belum memadai,  sehingga diperlukan loncatan yang signifikan dalam peningkatannya.

“Diharapkan proses kerja sama pengembangan KF-X/IF-X yang sedang dilaksanakan ini dapat mencapai  kesepakatan yang akan membawa dampak positif terhadap penguasaan teknologi industri dirgantara nasional, serta memperkuat potensi pertahanan negara,” katanya. (ns/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.