Berdayakan Penyandang Disabilitas Melalui Festival Vokasi

Yovie Wicaksono - 14 March 2019
Festival Vokasi Teman Disabilitas digelar oleh Thisable Enterprise, di Surabaya, pada Kamis (14/3/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ratusan penyandang disabilitas dari berbagai daerah, mengikuti Festival Vokasi Teman Disabilitas yang digelar Thisable Enterprise, di Surabaya, pada Kamis (14/3/2019). Festival ini bertujuan agar penyandang disabiitas mendapatkan pelatihan gratis dan siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

“Tujuan acara ini adalah untuk memberikan peluang kerja pada teman-teman disabilitas, karena seperti yang kita tahu di UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas , bahwa satu persen atau dua persen sudah harus ada tenaga kerja disabilitas disetiap instansi pemeritah ataupun swasta,” kata Panitia Penyelenggara Festival Vokasi Teman Disabilitas, Caca kepada Super Radio, Kamis (14/3/2019).

Caca berharap, pelatihan ini dapat membuat penyandang disabilitas lebih berdaya lagi dalam  mengembangkan potensi diri.

“Teman-teman disabilitas harus berdaya, harus tetap semangat, jangan pernah merasa sendiri karena akan tetap ada teman-teman yang peduli, bukan kasihan. Jadi jangan berkutat pada kata kasihan dan jangan suka dikasihani,” ujarnya.

Disability Specialist Associated dari Thisable Enterprise, Jonna Damanik juga mengamini hal tersebut.

“Kepada teman-teman disabilitas, keluarlah dari zona nyaman yang dapat memblocking mental kalian, ayo raih kesempatan, peluang, dengan semangat untuk berdaya. Sekecil apapun potensi yang ada didalam diri kita, dengan semangat juang yang tinggi pasti itu akan menjadi sesuatu yang berkah dan berdaya. Lalu untuk teman-teman yang sudah ter placement, jadilah duta disabilitas yang baik,” ujar Jonna.

Salah satu penyandang tunanetra yang mengikuti pelatihan, Prayoga mengatakan pelatihan ini sangat membantu dalam hal pengembangan kompetensi, dan berharap agar nantinya penyandang disabilitas dapat mengakses pekerjaan yang layak sesuai kompetensinya.

“Menurut saya ini sangat membantu, saya kan dibidang seni, dan disini saya ingin mendapat pekerjaan yang lebih berkembang lagi dibidang yang lain karena saya juga punya keterampilan di komputer, dan berharap dengan adanya pelatihan ini nanti kedepannya teman-teman tunanetra bisa mengakses bidang-bidang pekerjaan yang diinginkan, dan ingin dikembangkan,” ujar Prayoga.

Sedangkan penyandang tuna daksa asal Tuban, Fira Fitria (32) berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh teman-teman disabilitas dengan maksimal.

“Saya sudah sering kali mengikuti pelatihan, dan saya tertarik sekali dengan acara ini karena selalu mendapatkan pengalaman baru, dan memang dibutuhkan oleh seorang difabel apalagi dalam bersosialisasi, menambah pengetahuan, dan semoga pelatihan ini bisa digunakan teman-teman secara maksimal, artinya tidak hanya mengikuti pelatihan lalu sudah, harus ada tindak lanjut dari peserta maupun penyelenggara agar apa yang didapat itu sesuai dengan apa yang diinginkan,” ujar Fira.

Fira menilai, tahun 2019 ini sudah lebih baik dibanding tahun sebelumnya, karena banyak perusahaan yang mau menerima penyandang disabilitas meski dengan persyarakat khusus.

Sekedar informasi, Festival Vokasi Teman Disabilitas ini dilakukan secara roadshow di 10 kota dalam waktu 1 bulan, yakni Surabaya (14 Maret), Malang (19 Maret), Solo (21 Maret), Yogyakarta (23 Maret), Kebumen (24 Maret), Bandung (28 Maret), Semarang (31 Maret), Cirebon (2 April), Bekasi (9 April), dan berakhir di Jakarta (13 April).

Dengan tagline #bersatuuntukberdaya, Thisable mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi mensukseskan festival vokasi teman disabilitas ini menjadi program inklusi yang dapat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan untuk merekrut pekerja difabel sesuai amanah Undang – Undang Republik Indonesia No.8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.