Belum Ada Capres-Cawapres Mendaftar

Yovie Wicaksono - 4 August 2018
Ilustrasi KPU

SR, Jakarta – Di hari pertama pendaftaran pasangan capres-cawapres, Sabtu (4/8/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum menerima satu pun berkas pendaftaran dari gabungan partai politik peserta Pemilu 2019.

KPU RI pun sudah memperkirakan bahwa tidak akan ada bakal pasangan capres-cawapres yang mendaftar di hari pertama, karena satu hari sebelumnya tidak ada “liaison officer” (LO) partai politik yang menginformasikan kepada KPU.

“Jadi sebenarnya hari ini tidak ada pendaftaran, karena kemarin (Jumat, 3/8/2018) tidak ada pemberitahuan ke kami. Namun, KPU tetap mempersiapkan diri sejak hari pertama dimulainya pendaftaran ini,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman kepada Antara di Gedung KPU RI Jakarta, Sabtu (4/8/2018) siang.

Arief memperkirakan geliat konsultasi dan pendaftaran berkas pencalonan bakal capres-cawapres akan dimulai di tiga atau empat hari terakhir masa pendaftaran.

“Kami memperkirakan mungkin sekitar tanggal 8, 9 atau 10 (Agustus) baru akan ada konsultasi dan pendaftaran,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan Antara, ruang penerimaan berkas capres-cawapres yang berada di ruang rapat lantai 2 Gedung KPU RI masih sepi dan tidak tampak petugas KPU RI berjaga-jaga di ruangan pendaftaran tersebut. Di dalam ruang rapat tersebut disediakan 50 kursi bagi pengurus partai politik yang mengantarkan bakal pasangan capres-cawapres ke KPU RI.

Sementara itu di halaman Gedung KPU RI di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat telah terpasang tenda putih berukuran sekitar 20×40 meter dengan puluhan kursi di dalamnya, yang dapat dipakai oleh 120 pendukung pasangan capres-cawapres.

Di belakang tenda tersebut, sejumlah petugas terlihat sedang membangun sebuah panggung yang akan digunakan untuk konferensi pers para pasangan calon. Para petugas juga terlihat membersihkan dan mengatur penataan meja dan kursi di ruang transit VVIP untuk bakal pasangan capres-cawapres. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.