Beberapa Desa Kekeringan, BPBD Banyuwangi Kirim 5.000 Liter AIR Bersih

Petrus - 4 September 2017
Tim BPBD Banyuwangi yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Eka Muharram memberikan bantuan air bersih di Dusun Karang Baru Desa Alasbuluh Kecamatan Wongsorejo (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, mengirim 5.000 liter air bersih ke Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, untuk membantu masyarakat yang mengalami kekeringan di daerahnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, akibat musim kering masyarakat di wilayah Dusun Karangbaru, Desa Alasbuluh, membutuhkan bantuan air bersih karena sumber mata air yang berada di desa tersebut sudah mulai mengering.

Pada hari pertama, BPBD Banyuwangi mengirimkan 2 tangki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter, yang akan dibagikan kepada 500  kepala keluarga yang ada di dusun tersebut. Kebutuhan air bersih 5.000 liter tersebut mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama 3 hari.

“Di hari ketiga nantinya akan kami kirim kembali pasokan air bersih di daerah tersebut,” ujar Eka.

Sementara itu, data yang sudah masuk ke BPBD Banyuwangi terkait potensi kekeringan ada 5 wilayah, yakni di Kecamatan Wongsorejo, yakni di Dusun Krajan-Desa Bangsring, Dusun Alas Malang-Desa Alasrejo, Dusun Pancoran-Desa Sidowangi, Dusun Karangrejo Selatan dan Utara-Desa Wongsorejo, dan Dusun Karangbaru-Desa Alasbuluh.

“Kemungkinan wilayah yang berpotensi kekeringan ini akan terus bertambah. Untuk itu BPBD Banyuwangi akan terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan perangkat desa, untuk memantau dan memberikan bantuan kepada desa atau kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan,” katanya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.