Banyuwangi Jadi Contoh Pengembangan Pariwisata

Yovie Wicaksono - 18 July 2018
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT), Eko Putro Sandjojo dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Saat Berbincang dengan Wisatawan Asing di Salah Satu Homestay. Foto : (Super Radio/Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) terus mencari metode pengembangan pariwisata yang pas dari daerah-daerah yang pariwisatanya khususnya di tingkat desa, sudah berjalan.

Terkait dengan hal itu, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan ke sejumlah desa di Banyuwangi.

Didampingi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Eko menyempatkan diri mengunjungi homestay di pedesaan yang dikelola warga lokal. Ia juga  meninjau perkembangan desa smart kampung di Banyuwangi. Salah satunya adalah Didu’s Homestay, yang terletak di kelurahan Karangasem.

Eko mengatakan, Banyuwangi sengaja dipilih, karena sudah menjadikan desa sebagai basis pengelolaan pariwisata, baik untuk destinasi maupun akomodasi.

”Kami terus mengunjungi daerah-daerah yang sektor pariwisatanya bagus dan berhasil supaya bisa ditiru. Karena pariwisata bisa meng-create lapangan kerja cepat dan banyak. Nah, di Banyuwangi saya akan menginap di homestay untuk mencari ide. Nanti bisa kita aplikasikan di program Kemendes Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Homestay,” ujar Eko.

Sebelumnya, kemarin (17/7/2018) Eko membuka Festival Agro Expo Banyuwangi yang berlangsung hingga 21 Juli mendatang.

Even ini merupakan etalase produk pertanian, peternakan hingga perkebunan unggulan Banyuwangi, Uniknya semua tanaman mulai buah-buahan, sayuran hingga tanaman pangan ditumbuhkan langsung di area pameran yang berdiri di atas lahan pertanian subur di tengah kota Banyuwangi.

Beraneka ragam tanaman dan hasil pertanian unggulan dari Banyuwangi disuguhkan dalam acara ini.

Setelah membuka acara, Eko langsung mendatangi stand dari kelompok masyarakat maupun dari Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.