Bantuan LDP Kepada Warga Terdampak Bencana Sulsel

Fena Olyvira - 27 January 2019
Banjir Merendam Permukiman Warga di Gowa, Sulawesi Selatan. Foto : (Antara)

SR, Gowa – Tim Relawan Kementerian Sosial RI memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada warga terdampak bencana di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Ada 21 petugas LDP yang kami terjunkan berasal dari Tim LDP Pusat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten/Kota terdampak, serta Pekerja Sosial,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam kunjungan kerja di Sulawesi Selatan, Minggu (27/1/2019).

Agus mengatakan, Posko Utama LDP berada di Pos Masjid Maggali, Kabupaten Gowa. Sedangkan Posko Induk pengungsian di Kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar.

“LDP diselenggarakan terintegrasi dengan layanan dapur umum lapangan. Hal ini juga yang kami terapkan dalam penanganan bencana tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah,” katanya.

Dengan mengintegrasikan layanan menjadi satu tempat akan memudahkan penjangkauan dan penanganan yang holistik baik dari sisi perlindungan maupun pemulihan sosial warga terdampak bencana.

Bentuk kegiatan LDP meliputi psikoterapi, terapi dengan bermain, terapi spiritual melalui pengajian dan istighosah, hipnoterapi dan psikoedukasi.

“Upaya ini merupakan bagian dari pemulihan dan penguatan warga terdampak bencana,” tambah Agus.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda wilayah Sulawesi Selatan pada 22 Januari lalu yang mengakibatkan banjir bandang dan longsor di 53 kecamatan, 12 kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan, dengan 68 korban meninggal dunia. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.