Bangun Persatuan Melalui Sepeda Nusantara

Yovie Wicaksono - 13 August 2018

SR, Banten – Olahraga sepeda memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia yakni persatuan bangsa. Bersepeda bersama-sama berarti ada persatuan, ada kebersamaan. Demikian ungkapan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dalam kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Serang, Banten, Minggu (12/8/2018).

“Kelihatannya sepele hanya bersepeda tapi maknanya sungguh sangat dalam. Sekarang kita bersepeda bersama-sama berarti ada persatuan, ada kebersamaan. Kalau tidak bersama-sama yang satu jatuh yang lain jatuh semua. Ada persatuan di sana, ada kebersamaan, jadi makna kita adalah dengan bersepeda ini, sepeda nusantara, kita bersatu kembali sebagai bangsa,” kata Wiranto.

Acara ini merupakan kerjasama antara Kemenko Polhukam, Pemerintah Provinsi Banten, Kementerian Pemuda dan Olahraga, kementerian, lembaga, serta seluruh masyarakat di Banten. Ada 5.000 peserta yang ikut dalam kegiatan Sepeda Nusantara ini.

Selain di Banten, acara ini juga akan diselenggarakan di 34 provinsi di Indonesia. Sepeda Nusantara sebagai rangkaian dari kegiatan menyambut HUT RI ke 73 sekaligus sebagai tempat untuk sosialisasi pelaksanaan Asian Games yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus mendatang.

Dalam kesempatan itu, Wiranto juga mengingatkan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yakni di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu, gerakan masyarakat sehat telah diberdayakan di seluruh nusantara.

“Bersepeda juga membuat kita sehat, kalau kita sehat jiwa kita kuat maka seperti nyanyian Indonesia Raya, bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Tidak hanya sehat badannya tapi juga jiwanya, bahkan jiwanya juga harus kuat supaya membawa bangsa ini menuju satu kemajuan yang kita harapkan bersama,” kata Wiranto.

Acara ini juga diikuti perlombaan selfie yang diunggah ke akun instagram Sepeda Nusantara. Selain itu juga ada kegiatan senam dan doorprize untuk semua peserta. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.