ASN Ponorogo Galang Dana untuk Korban Bencana Sulteng

Petrus - 8 October 2018

SR, Ponorogo – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkumpul di halaman Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Mereka menggelar penggalangan dana untuk para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Beberapa ASN nampak membawa kardus sambil berkeliling mengambil sumbangan. Bagian depan kardus terdapat tulisan ‘Ponorogo Peduli Bencana Palu dan Donggala’.

“Kita ingin memberikan bantuan kepada para korban dengan mengumpulkan dana melalui teman-teman,” tutur Sekretaris Daerah Ponorogo, Agus Pramono di Halaman Kantor Pemkab Ponorogo, Jalan Alun-Alun Utara, Senin (8/10/2018).

Para ASN nampak sumringah usai memberikan bantuan. Mereka pun berharap dengan pemberian uang itu, dapat sedikit meringankan beban para korban bencana.

Agus menjelaskan, tiap daerah sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur Soekarwo, diminta memberikan bantuan kepada para korban di Sulteng melalui APBD Perubahan (APBD-P) 2018.

“Kami anggarkan Rp. 500 juta, di induk juga Rp. 500 juta,” terang Agus.

Selain itu, lanjut Agus, dana yang terkumpul dari para PNS nantinya akan ditambah dari dana on call sekitar Rp. 100-200 juta.

“Ini akan saya lakukan, toh ini untuk kepentingan bencana jika ada kesalahan administrasi dimaklumi, kan bukan untuk kepentingan pribadi,” jelas dia.

Usai dana terkumpul, pihaknya selanjutnya langsung menghubungi pemerintah yang berwenang di Sulteng  untuk memberikan bantuan secara resmi.

“Sementara kami kirimkan bantuan berupa uang, namun jika dibutuhkan barang kami juga siap. Kami terus komunikasikan ke Pemda setempat,” imbuhnya.

Saat ditanya soal rencana pengiriman relawan, Agus masih menunggu kajian lebih lanjut. Pihaknya juga bakal mengkomunikasikan hal ini dengan Kepala BPBD untuk mengirim relawan.

“Itu usulan bagus, kami masih mengkaji dulu baiknya seperti apa, kemarin ada relawan dari komunitas, sudah kami antarkan,” pungkas dia.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.