Asian Games Tumbuhkan Perekonomian Indonesia

Yovie Wicaksono - 3 August 2018
Pengunjung Mengamati Merchandise Asian Games 2018. Foto : (Antara)

SR, Jakarta РEkonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan  Asian Games merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan perekonomian di Tanah Air.

“Penyelenggaraan Asian Games tentu saja akan memberikan dampak terhadap perekonomian di Indonesia, bisa menumbuhkan,” kata Bhima kepada Antara di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Menurut Bhima, perhelatan Asian Games dapat mendorong orang-orang untuk berbelanja, terutama para atlet, ofisial maupun pengunjung, sehingga perekonomian dapat terus tumbuh.

“Bisa saja para pengunjung atau wisatawan yang tadinya hanya berniat menonton pertandingan, tiba-tiba sekalian berbelanja di Indonesia, apalagi harganya juga murah,” ujar Bhima.

Dengan demikian, pendapatan atau devisa dapat meningkat. Seiring dengan pertambahan devisa tersebut, jumlah wisatawan di Indonesia selama Asian Games juga semakin banyak.

“Maksudnya adalah setelah menonton pertandingan, para pengunjung bisa lanjut wisata ke Bali, Lombok, Raja Ampat atau ke tempat-tempat wisata lainnya. Inilah yang bisa menambah devisa kita,” tutur Bhima.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia juga dapat dilakukan melalui banyaknya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat dalam Asian Games.

“Semakin banyak UMKM yang dilibatkan di dalam Asian Games, maka kesempatan kerja yang ada juga semakin terbuka lebar. Dengan begitu, ada aktivitas perekonomian,” ungkap Bhima.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar Indonesia dapat menampilkan sisi terbaiknya selama berlangsungnya Asian Games untuk menarik minat para wisatawan sekaligus investor. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.