Apresiasi untuk Program Banyuwangi

Yovie Wicaksono - 18 July 2018
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo Meninjau Pelayanan Publik di Banyuwangi, Didampingi Bupati Abdullah Azwar Anas. Foto : (Super Radio/ Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memuji penerapan program e-government di Banyuwangi. Menurutnya, program tersebut memiliki keunggulan dalam pengelolaan data, dan bermanfaat untuk pengentasan kemiskinan.

”Salut untuk Banyuwangi, disini pengelolaan datanya cukup bagus, termasuk untuk pengentasan kemiskinan di desa,” katanya, Selasa (17/7/2018)

Eko juga mengapresiasi penerapan e-village budgeting yang membuat pengelolaan dana menjadi lebih akuntabel, serta e-monitoring system yang mengawasi pembangunan proyek di seluruh desa dengan bantuan teknologi.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi,  Eko juga mengunjungi Rumah Kreatif Banyuwangi, pusat kreasi sekaligus markas situs belanja online banyuwangi-mall.com yang memasarkan produk-produk unggulan UMKM desa.

Eko mengatakan, selama ini warga pedesaan masih bergantung pada sektor pertanian semata. Padahal, desa-desa mempunyai destinasi wisata alam dan budaya yang sungguh kaya. Jika potensi itu dioptimalkan, bisa menggeliatkan ekonomi desa, dan saling menopang dengan sektor pertanian

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas kiprah Menteri Eko yang terus mendukung Banyuwangi agar terus berkembang, termasuk dari sisi desa wisata. ”Dana desa juga telah mampu ikut menurunkan kemiskinan di daerah-daerah. Kolaborasi pusat dan daerah akan semakin mengakselerasi program-program inovatif di desa,” ujarnya. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.