Antisipasi Kebutuhan Ramadhan-Lebaran, BI Kediri Siapkan Dana Rp. 7,1 T

Petrus - 22 May 2018
Kepala Bank Indonesia Kediri, Joko Raharto memberikan keterangan kepada pers terkait ketersediaan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Bank Indonesia (BI) Kediri menyiapkan dana sebesar Rp. 7,2 Triluan, sebagai antisipasi terjadinya peningkatan transaksi keuangan memasuki bulan puasa Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri. Penyediaan dana itu untuk menyuplai transaksi keuangan oleh masyarakat melalui mesin ATM.

Jumlah itu mengalami kenaikan jika dibandingkan periode sebelumnya yaitu Rp. 6,4 Triliun, selama bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2017.

“Karena liburnya cukup panjang, sehingga kita siapkan pecahan uang besar, khusunya di bank-bank pada saat libur sehingga bisa dimanfaatkan,” kata Kepala Bank Indonesia Kediri, Joko Raharto, Senin (21/5/2018).

Penyediaan uang dalam jumlah besar itu untuk menjamin ketersediaan uang tunai, serta perputaran uang yang tetap terjaga. Hal ini dipengaruhi pula oleh pertumbuhan perekonomian yang ada di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Kediri, yang meliputi Kediri, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, dan Madiun.

“Sehingga kita harus antisipasi dengan penyediaan stok uang tunai yang cukup,” ujar Joko.

BI Kediri mengimbau masyarakat agar selalu melakukan penukaran uang dalam jumlah wajar, pada momentum bulan Puasa Ramadahan hingga Lebaran. Bila berbelanja, maka diharapkan tidak berlebihan, dan untuk penukaran dapat dilakukan di tempat yang resmi untuk menghindari jual beli uang maupun peredaran uang palsu.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.