Antisipasi Hujan Intensitas Tinggi, Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Rumah Pompa Kandangan

Petrus - 20 December 2017
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memeriksa proses pembangunan rumah pompa di Kandangan yang memiliki kapasitas lebih besar (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Kerawanan banjir akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini menjadi dasar Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun rumah pompa baru berkapasitas besar. Rumah pompa yang kapasitasnya lebih besar dari yang dimiliki selama ini, rencananya akan dibangun di kawasan Kandangan, Kecamatan Benowo, Surabaya barat.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, rumah pompa Kandangan didesain dengan kapasitas yang lebih besar dari rumah pompa yang ada saat ini, dengan jumlah pompa sebanyak 7 unit dengan kapasitas 5 meter kubik per detik.

“Kapasitasnya ini nanti lebih besar, dan diharapkan air dari kawasan utara dan HR Muhammad, Darmo Satelit mengarahnya ke sini. Targetnya akhir januari nanti sudah selesai dan dapat difungsikan,” papar Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya.

Pembangunan rumah pompa di Kandangan yang diharapkan menjadi solusi mengatasi banjir, saat ini telah mencapai progress 50 persen. Sedangkan 30 persen progres selanjutnya berupa mekanikal elektronik.

“Kalau itu (mekanikal elektronik) siap, maka sudah 80 persen,” ujar Risma.

Jangka pendek ini Risma mengatakan akan fokus pada pembangunan penahan air laut, untuk mengantisipasi bila banjir rob terjadi.

“Kami bangun dinding penahannya dulu, sambil menyelesaikan teknikal elektroniknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Samsul Hariadi mengatakan, pembangunan rumah pompa Kandangan adalah rumah pompa ke 57 yang dimiliki Kota Surabaya.

“Kapasitasnya ini yang paling besar. Kami belum punya yang seperti ini. Kami pakai 5 kubik karena memang di daerah ini dibutuhkan catchment area yang besar,” terang Samsul.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.