Aksi Bagi Mawar, Simbol Pemilu Damai

Yovie Wicaksono - 13 April 2019
Aksi Damai 1000 Mawar yang digelar Forum Alumni SMA Surabaya (FASS). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Beberapa pemuda dan pemudi nampak membagikan bunga mawar berikatkan pita merah putih kepada para pengendara yang melintas di jalan Gubeng Pojok Surabaya, Sabtu (13/4/2019)

Mereka yang melakukan aksi bagi bunga ini adalah para simpatisan, relawan, dan komunitas dalam Aksi Damai 1000 Mawar yang digelar Forum Alumni SMA Surabaya (FASS).

“Melalui Aksi Damai 1000 Mawar ini, kita dalam wadah FASS ingin memberikan nuansa yang positif, kita mau menyalurkan good influence, kebaikan, kedamaian di masyarakat Surabaya menjelang Pesta Demokrasi yaitu Pemilihan Umum 2019,” ujar Koordinator Aksi Diana Sius kepada Super Radio, Sabtu (13/4/2019).

Dengan iringan musik angklung jalanan yang membawakan beberapa lagu daerah Jawa Timur, mereka membagikan bunga mawar sebagai simbol cinta kepada para pengguna jalan.

“Kenapa kita pilih bagi-bagi mawar, karena mawar itu simbol cinta, sehingga hatinya para pemilih di Surabaya ini tidak merasa ragu, takut, atau apapun untuk menyalurkan suaranya pada Pemilu 2019 nanti. Biarkan warga Surabaya itu nyaman dan tentram, terlebih Indonesia,” tambahnya.

Meskipun pihaknya mengaku mendukung capres nomor urut 01, FASS ingin mengajak masyarakat untuk tidak saling membenci meskipun berbeda pilihan.

“Sekalipun kita di golongan 01, kita mengajak semua elemen masyarakat bahwa 02 juga tidak masalah, karena sudah saatnya kita untuk tidak saling membenci, terlebih besok sudah memasuki Minggu tenang, dan dua hari kemudian adalah Pilpres,” ujar Diana.

Menurutnya, sangat penting untuk mengutamakan cinta kasih dan persatuan, karena Indonesia lebih besar dari beberapa fenomena Pilpres yang terjadi.

“Pilpres ini adalah pesta demokrasi yang biasa dalam dinamika berpolitik di sebuah negara, jadi tidak usah di lebih-lebihkan. Apapun yang terjadi, tetap utamakan cinta kasih dan persatuan, bangsa ini lebih besar dari beberapa fenomena Pilpres yang terjadi. Apapun yang terjadi kita harus bersatu, siapapun yang menang nanti dengan cara yang fair pasti kita dukung, siapapun itu,” tandasnya.

Turut terlibat dalam aksi tersebut diantaranya dari Ikatan Pelajar NU (IPNU), Seduluran Nusantara (SN), Seduluran Rock Saklawase (SROCK), dan beberapa millenial yang sedang melintas turut bergabung secara spontan.

“Tadi kebetulan kita lewat sini, terus dikasih bunga sama teman-teman dan sempat ngobrol mengenai tujuan aksinya, karena tujuannya baik kita menawarkan diri untuk bergabung. Senang juga bisa berbagi dan melihat senyuman masyarakat Surabaya yang mendapatkan mawar,” ujar salah satu millenial asal Malang, Bagus.

Bagus bersama dengan dua rekannya merupakan beberapa yang bergabung secara spontan dalam aksi ini.

“Kebetulan kami sedang berkunjung ke Surabaya dan ikut saja aksi ini,” ujarnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.