Ajak Pelajar Hidup Sehat, Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi Bahaya Merokok

Petrus - 22 November 2017
Sosialisasi bahaya merokok yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo untuk para pelajar (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo menggelar sosialisasi Bahaya Merokok, Rabu (22/11/2017). Langkah ini dilakukan untuk membentengi para pelajar SMP di Ponorogo, akan bahaya rokok bagi kesehatan. Sosialisasi ini diikuti 1.310 siswa dari berbagai SMP di Ponorogo, yang dibagi dalam lima hari sosialisasi, atau diikuti 262 siswa dari 12 SMP setiap harinya.

Selain sosialisasi dengan pembicara dari Dinas Pendidikan, juga dihadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan dan Polres Ponorogo. Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Ponorogo, Tutut Erliena mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan karena pergaulan remaja lebih dominan mempengaruhi anak, dibandingkan lingkungan sekolah dan keluarga.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan para siswa pentingnya hidup sehat,” ujar Tutut.

Dengan kegiatan ini, Tutut berharap para pelajar mampu mawas diri terhadap pergaulan yang merugikan. Terlebih di Ponorogo, sering ditemui kasus pelajar yang bolos, minum minuman keras, kebut-kebutan di jalan raya, serta pergaulan bebas.

“Diharapkan siswa yang ikut sosialisasi, nantinya bisa membagikan informasi ini kepada teman-temannya,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Binmas Polres Ponorogo, Aiptu Toni Girindra menambahkan, pelajar atau generasi muda harus mengetahui perkembangan pergaulan remaja saat ini, terutama dampak pemakaian telepon genggam atau gadget bagi anak-anak sekolah yang memerlukan pengawasan orang tua.

“Bagi pelajar, tinggalkan kebiasaan buruk, jangan sampai merugikan diri sendiri, pelajar harus mengisi hidupnya dengan kegiatan positif,” ucapnya.

Salah satu pelajar SMPN 1 Ponorogo, Vani Setyo Putra mengatakan, dirinya bersyukur dengan adanya sosialisasi ini bisa mendapatkan ilmu baru. Mulai dari wawasan kebangsaan, pola hidup sehat dan bahaya merokok.

“Merokok bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,” tandasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.