9 Orang Bacaleg di Ponorogo Mundur dari Pemilu 2019

Petrus - 21 September 2018

SR, Ponorogo – Sebanyak 429 Daftar Calon Tetap (DCT) Bakal Calon Legislatif (bacaleg) sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Ponorogo, untuk bersaing memperebutkan kursi di DPRD Kabupaten Ponorogo. Jumlah ini menyusut sebanyak 9 orang, dari sebelumnya sejumlah 238 bacaleg.

Mundurnya 9 orang ini dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranya ada yang masih bekerja di perusahaan lama dan tidak dapat mengundurkan diri.

“9 orang menyatakan mengundurkan diri dari bacaleg karena beberapa masih berstatus anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa),” kata Ketua KPUD Ponorogo Ahmad Fauzi Huda, Jumat (21/9/2018).

Fauzi menjelaskan, dari 9 orang ini ada 7 orang yang masih menjadi anggota aktif BPD dan 2 orang lainnya beralasan masih bekerja di tempat lama dan akhirnya memutuskan mundur dari bacaleg untuk pemilu 2019.

Bila dirinci, dari partai politik yang mengusung masing-masing bacaleg, terdapat 5 partai politik yang masing-masing mengusung bacaleg. Diantaranya 5 orang dari Partai Demokrat, Partai Golkar 1 orang, PDI Perjuangan 1 orang, PPP 1 orang, dan Perindo 1 orang.

“Karena sudah ditetapkan sebagai DCT maka bacaleg yang mengundurkan diri tidak bisa diganti oleh bacaleg cadangan dari parpol yang bersangkutan, karena sudah menjadi calon tetap,” jelasnya.

Usai pengunduran 9 orang bacaleg ini, untuk nomor urut disurat suara bacaleg yang berada dibawah bacaleg yang mengundurkan diri akan naik keatasnya.

Fauzi juga menegaskan, meskipun ada bacaleg perempuan yang mengundurkan diri, tidak akan diganti oleh bacaleg cadangan karena tidak berpengaruh terhadap keterwakilan perempuan dipartai yang bersangkutan.

“Ada 1 Bacaleg perempuan dari Partai Demokrat di dapil 4 yang mengundurkan diri,” imbuhnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.