562 Warga Ngawi Positif HIV/AIDS

Yovie Wicaksono - 16 November 2018
Ilustrasi. Foto : (Reuters)

SR, Ngawi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur mencatat, 562 warga setempat positif HIV/AIDS hingga akhir Agustus 2018.

“Dari jumlah tersebut, 161 orang diantaranya telah meninggal dunia,” ujar Kasi Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinkes Ngawi, Jaswadi di Ngawi, Kamis (15/11/2018).

Melansir Antara, kasus HIV/AIDS di kabupaten Ngawi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya sejak ditemukan pertama kali di 2009.

“Penderita HIV/AIDS pada umumnya usia produktif antara 18 hingga 35 tahun yang jumlahnya mengalami peningkatan dan terus ditemukan penderita baru setiap tahunnya,” jelas Jaswadi.

Adapun faktor penyebab penularannya paling banyak karena hubungan seks bebas. Karena itu, ia mengajak warga Ngawi untuk tidak melakukan hubungan seks bebas, setia kepada pasangan dan menggunakan kondom jika terpaksa berhubungan badan dengan orang lain.

Selain itu juga tidak menggunakan narkoba, karena penggunaan jarum suntik narkoba secara bergantianmasih menyumbang kasus penularan HIV/AIDS.

Dinkes juga gencar melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat Ngawi tentang bahayanya HIV/AIDS.

Ia menilai penanggulangan kasus HIV/AIDS di suatu daerah bukan hanya tugas dari Dinkes, namun juga tugas seluruh komponen masyarakat.

Yang tidak kalah penting adalah sosialisasi penyebaran informasi tentang pencegahan dan bahaya HIV/AIDS secara terus menerus. Sehingga perilaku masyarakat dapat berubah dan akhirnya kasusnya dapat ditekan. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.