Festival Durian di Kabupaten Kediri, Berharap Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Petrus - 24 February 2018
Festival Durian di Kabupaten Kediri, Berharap Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Masyarakat serta aparat Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, menggelar Festival Durian sebagai upaya mendongkrak perekonomian masyarakat. Festival Durian, yang digelar Sabtu (24/2/2018), diikuti tidak hanya oleh masyarakat Kediri, melainkan warga dari luar daerah.

Tema yang dipilih dalam pagelaran Festival Durian tahun ini lebih condong pada kearifan bahasa lokal Jawa yakni ‘Dahar Durian’. Panitia telah menyediakan 2.018 buah durian untuk dibagikan gratis kepada pengunjung yang hadir.

“Durian yang kita bagi sebanyak 2.018 buah. Jumlah kupon dengan durian sama. Tidak beli loh, gratis. Mereka daftar, dikasih kupon untuk tukar durian,” ujar Masykuri, Wakil Bupati Kediri.

Durian yang dibagikan tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat Desa Medowo, yang diberikan melalui Kepala Desa. Lomba Festival Durian dipusatkan di Balai Desa Medowo. Selain membagikan buah durian secara gratis, pihak panitia juga menyediakan minuman susu dan kopi gratis kepada pengunjung. Desa Medowo merupakan salah satu sentra buah durian terbesar di Kabupaten Kediri.

“Dalam lomba durian ini, diharapkan kita temukan varian yang terbagus, dan ini ke depan diadu lagi. Buah durian ini kan tergantung cuaca, kalau cuaca bagus dan tanahnya bagus nanti hasilnya bagus juga,” lanjutnya.

Ada beberapa produk durian lokal ciri khas Kediri yang diberi nama Durian Semoyo. Disamping memperkenalkan produk durian lokal, di Desa Medowo juga ada beberapa  komoditas tanaman lainnya seperti Kopi, Manggis, dan Alpukaat.

Disamping Festival Durian, pengunjung juga dapat merasakan sensasi suasana pedesaan dengan kesegaran udara yang alami. Tempat lokasi yang bisa dijadikan jujugan wisata, diantaranya Bukit Gandrung, Air terjun Sumber Jodoh, serta Lembah Gandrung.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.