4.400 Pelari Ramaikan Surabaya Marathon 2018

Petrus - 13 August 2018

SR, Surabaya – Surabaya Marathon 2018 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu (12/8/2018) pagi. Gelaran event skala internasional ini diikuti lebih dari 4.400 peserta yang berasal dari 30 negara termasuk Indonesia.

Lomba lari yang digelar kedua kalinya ini oleh Pemerintah Kota Surabaya, bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jawa Timur, melombakan kategori nasional, open dan master (usia 40 tahun ke atas) dalam empat kategori jarak, yaitu full marathon (42,2 kilometer), half marathon (21,1 kilometer), serta jarak 10 dan 5 kilometer.

Risma berharap, event internasional Surabaya Marathon ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, karena peserta yang mengikutinya sangat antusias dan meningkat jumlahnya dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Ini bisa menjadi agenda rutin tahunan. Karena ini bisa mendatangkan pariwisata untuk Kota Surabaya,” kata Risma.

Jumlah peserta Surabaya Marathon 2018 bahkan melebihi target kuota yang telah ditentukan sebelumnya, yakni 4.000 peserta.

“Kita berharap, tahun depan lebih banyak lagi. Karena itu, nanti tahun depan kita akan prepare lebih baik lagi,” ujarnya.

Risma mengungkapkan, event Surabaya Marathon memiliki keunikan tersendiri dari event marathon di kota lain, yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta. Pada event Surabaya Marathon ini, peserta diajak berkeliling menikmati pemandangan kota, dengan melewati berbagai iconic Kota Pahlawan seperti  Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, dan Taman Bungkul.

Selain itu, di beberapa titik, peserta disuguhi berbagai penampilan seperti tari-tarian, hingga permainan alat musik. Pada malam harinya, para pemenang juga siundang dalam acara welcome dinner di Balai Kota.

“Mungkin ini berbeda dengan marathon di kota lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur, Sutandi Purnomosidi mengatakan, lebih dari 30 negara yang mengikuti event Surabaya Marathon 2018 yang menandakan event ini memiliki daya tarik tersendiri.

“Mereka datang dari Amerika, Inggris, Netherland, Kenya, Ethiopia dan lain-lain,” kata dia.

Surabaya Marathon tahun ini, kata Sutandi berbeda dengan tahun lalu, karena untuk pertama kalinya melombakan kategori full marathon (42,2 kilometer). Sementara pada tahun 2017, panitia hanya melombakan tiga kategori marathon saja.

“Tahun ini, ada empat kategori, 5 kilometer, 10 kilometer, half marathon, dan full marathon,” tandasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.