Pemkot Surabaya Siapkan Banyak Kegiatan untuk Dongkrak Wisatawan di 2018

Petrus - 12 January 2018
Parade perahu naga pada event Festival Kali Mas di tahun 2017 (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Dalam rangka menarik masuknya wisatawan ke Surabaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya merencanakan menggelar berbagai kegiatan selama tahun 2018. Terdapat 51 event dan 45 kegiatan yang dipersiapkan seperti kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, seni, UKM dan olahraga, yang bertujuan mendongkrak wisatawan agar mau datang ke Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, event dan kegiatan yang akan digelar pada tahun 2018 hampir tidak jauh beda dengan tahun 2017, namun akan dikemas lebih bagus dan menarik dibanding tahun sebelumnya.

“Konsep acaranya selalu kita kembangkan setiap tahunnya,” ujar Widodo.

Salah satunya Festival Kalimas, yang digelar sambil mengulas diulas kembali berbagai sejarah Kali Mas yang memiliki panjang 19 kilometer.

“Festival Kalimas nanti akan kita adakan secara tematik, di atas kapal itu ada pementasan, seperti theater, yang akan mengulas kembali sejarah Kali Mas,” kata Widodo.

Pementasan di atas kapal itu nantinya akan digelar mulai Jalan Petekan, Achmad Jais, Genteng, Taman Prestasi, dan berakhir di Monumen Kapal Selam (Monkasel). Pementasan akan menceritakan masa Airlangga yang akan dimanifestasikan ke dalam bentuk theater.

“Di Monkasel nantinya akan ada cerita seperti pedagang, saudagar-saudagar di masa lampau. Pastinya menarik,” lanjutnya.

Disbudpar juga akan menghidupkan kembali Jalan Tunjungan yang merupakan kawasan sarat sejarah dan melegenda. Diantaranya dengan menggelar festival kuliner and craft di acara Mlaku-mlaku Nang Tunjungan. Acara itu rencananya akan digelar sebanyak enam kali selama setahun.

“Kami juga berencana menghidupkan kembali Jalan Kembang Jepun, dengan cara menggelar festival kuliner,” imbuhnya.

Widod berharap, kegiatan-kegiatan itu akan meningkatkan angka kunjungan wisatawan di tahun 2018, atau ditargetkan mencapai angka 27.270.270.

“Tahun 2017 kemarin, target wisatawan kita 19 juta, namun sampai akhir Desember 2017, pengunjung sudah mencapai sekitar 24 juta wisatawan, sehingga melebihi target,” tandasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.