BI Kediri Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Kopi

Petrus - 28 December 2017
BI Kediri bersama masyarakat lereng Gunung Wilis melakukan penanaman tanaman kopi (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Bank Indonesia (BI) Kediri melakukan kegiatan menanam 7.500 pohon kopi jenis Arabica, di lereng Gunung Wilis, di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, kamis (28/12/2017). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan ekonomi masyarakat, yang tinggal di sekitar lereng Gunung Wilis.

Dipilihnya jenis kopi ini karena menyesuaikan antara tempat dengan karakter kopi yang ditanam. Menurut Kepala BI Kediri, Djoko Raharto, jenis kopi Arabica memang sangat bagus jika ditanam di wilayah pegunungan, seperti di Gunung Wilis.

“Tanaman kopi Arabica memang bagus di atas, dan ini tidak merusak lingkungan karena tumbuh dibawah pepohonan lainya dan akarnya berserabut,” kata Djoko Raharto.

Pertimbangan lainya adalah karena tanaman kopi Arabica dinilai memiliki kualitas lebih bagus, jika dibandingkan dengan jenis tanaman kopi ditempat itu sebelumnya.

“Kami melihat sudah ada tanaman kopi, tetapi perlu diperbaiki kualitasnya. Oleh karena itu kami melakukan penanaman kopi Arabica bersertifikat dari Jember,” ujarnya.

Selain bantuan tanaman Pohon Kopi, BI Kediri juga memberikan pendidikan dan pelatihan tentang budidaya tanaman kopi, serta cara pengolahannya. Disamping itu para petani juga dibuatkan rumah produksi, serta bantuan peralatan bercocok tanam kopi. Ia menilai kualitas sebuah kopi juga ditentukan dari prosesnya.

Selain melakukan penanaman kopi di Lereng Gunung Wilis Kecamatan, BI Kediri juga melakukan hal yang sama di wilayah Sendang Tulunganggung dan Medoro.

“Disana kita sudah tanam sebanyak enam ribu. Sampai saat ini sudah lebih dari 15 ribu pohon bersertifikat yang kita berikan. Kita memperbaiki kualitas yang ada dulu, selama ini kebanyakan Robusta dan ini kita tingkatkan ke Arabica. Supaya nanti kita punya spesialis, seperti kopi Wilis, kopi Sendang dan kopi Medowo.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.