Kapolda Jatim Apresiasi Praktek Kerukunan Antara Umat Beragama di Banyuwangi

Petrus - 26 December 2017
Kapolda Jawa Timur Lakukan Silaturahmi dengan para tokoh agama di Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin, Pangdan V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol. Iriawan bersilaturahmi dan tatap muka dengan berbagai tokoh lintas agama di Kabupaten Banyuwangi, Selasa ( 26/12/2017).

Pertemuan ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusup Widyatmoko, Ketua DPRD Made Cahyana Negara, Ketua MUI KH. Mohammad Yamin, serta beberapa jajaran di Forpimda Kabupaten Banyuwangi.

Bertempat di Gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi, silaturahmi antar tokoh agama yang tergabung dalam FKUB berlangsung akrab bersama umat Katolik di Paroki itu. Pastor Kepala Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi, Romo FX. Sugeng Hariadi, Pr, memyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Kepolisian dan TNI, serta seluruh umat beragama di Kabupaten Banyuwangi.

Ungkapan terima kasih diucapkan karena perayaan Natal di Banyuwangu dapat berjalan dengan aman dan damai. Bahkan tokoh lintas agama juga ikut berperan aktif dalam menjaga perayaan Natal di Banyuwangi dapat terlaksana.

“Dalam menjalankan perayaan Natal, umat Kristiani di Kabupaten Banyuwangi merasa tenang, ini karena berkat bantuan semua pihak yang ikut menjaga kerukunan umat beragama di Banyuwangi,” ujar Romo Sugeng.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin, yang mengungkapkan rasa syukur karena kondisi di wilayah Jawa Timur relatif aman dan tenang hingga H+1 Natal.

“Bahkan keguyuban terjalin dengan baik di Jawa Timur, terutama di Banyuwangi. Saudara-saudara kita yang Muslim juga terlibat dalam pengamanan Natal di berbagai gereja. Seperti Banser, Senkom dan ormas Islam lainnya,” ujar Machfud Arifin.

Keguyuban antar umat beragama yang selama ini terjalin baik di Jawa Timur, diharapkan dapat terus dipertahankan, sehingga dari tahun ke tahun kondisi keamanan di Jawa Timur akan tetap berjalan dengan baik.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.