Sidak Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru, TPID Kota Kediri Temukan Kenaikan Harga Beberapa Komoditas

Petrus - 12 December 2017
Ilustrasi. TPID Kota Kediri melakukan sidak harga sembako di pasar tradisional jelang Natal dan Tahun Baru (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Tim Gabungan Pengendali Inflasi Daerah bersama Polres Kota Kediri, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional yakni Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing, Selasa (12/12/17).

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang mengikuti sidak hari ini antara lain Bank Indonesia Kediri, Ikadin, Disperindag, BPS, dan Bulog Kediri. Dari Kepolisian dihadiri Kapolres Kota Kediri AKBP Anthon Haryadi.

Hasil sidak menemukan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok pada beberapa komoditas, diantaranya telur dan beras. Telur yang sebelum pada Desember harganya mencapai kisaran Rp. 17 ribu sampai Rp. 18 ribu, naik menjadi Rp. 22.500 per kilogram.

Sementara untuk harga beras jenis premium, berharga Rp. 9 ribu per kilo pada dua minggu yang lalu, kini merangkak naik menjadi Rp. 10 ribu per kilogram.

“Kalau beras, karena bulan ini belum panen jadi lumrah naik. Kalau telur, karena menjelang Natal dan Tahun Baru, yang penting bagi kami barang masih tetap ada, tidak telat,” kata Darlan, pedagang sembako di Pasar Setono Betek, Kota Kediri.

Kepala Bulog Kediri, Achmad Kholisun Senada mengatakan, kenaikan harga beras dipengaruhi musim tanam dan mendekati hari raya Natal dan Tahun Baru.

“Permintaan naik, dan ini menjadi peristiwa tahunan. Rata-rata kenaikan untuk beras dikisaran seribu sampai seribu lima ratus rupiah untuk beras medium,” kata Achmad Kholisun.

Selesai sidak di dua pasar tradisional, tim gabungan juga mendatangi Agen Elpiji berukuran 3 Kilogram. Dari sidak yang dilakukan, ketersediaan gas LPG bersubsidi di wilayah Kota Kediri masih relatih aman dengan harga antara Rp. 16 ribu hingga Rp. 16.500.

“Untuk ketersediaan LPG 3 kilogram masih aman. Dropping sembako juga alhamdulilah lancar, tidak ada kendala dan akan terus kita awasi hingga Januari,” tandas AKBP Anthon Haryadi.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.