Sarat Prestasi, Atlet Renang Cilik Asal Ponorogo

Petrus - 24 November 2017
Anindya menunjukkan piala hasil prestasi sebagai atlet renang (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Kecintaannya terhadap olah raga renang mampu menghantarkannya menjadi juara berbagai perlombaan renang, mulai dari Bupati Cup Magetan 2017 tingkat Karesidenan Madiun, lomba putri piala KONI Kabupaten Madiun 2017, dan lomba putri piala PRSI Kabupaten Madiun 2017. Dialah Anindya Yudisti Putri Madiha (9 tahun), yang merupakan atlet renang cilik.

“Karena suka renang, sama orang tua disuruh belajar renang sejak kelas 2 SD,” tutur Anindya, saat ditemui di SDN 1 Nologaten, Kamis (23/11/2017).

Siswa kelas 4 SD ini menuturkan dirinya memang menyukai olah raga renang, dan telah menguasai berbagai gaya renang, mulai dari gaya dada, bebas, kupu-kupu, dan punggung.

“Tapi saya paling unggul di gaya dada,” ujar Anindya yang telah menjadi atlet renang sejak 2 tahun terakhir.

Warga Jalan Kumbokarno ini rutin berlatih empat kali dalam seminggu, di kolam renang Tirto Menggolo. Terkadang ia harus melakukan latihan setiap hari, antara 2-3 jam, di pagi dan sore hari.

“Dukungan yang kuat dari pihak sekolah, klub dan juga orang tua menjadi penyemangat utama saya,” terangnya.

Sebelum mengikuti perlombaan, ia selalu mengatur makanan yang sehat dan bergizi, latihan rutin dan intens, fisik yang sehat, dan tidak lupa mengenakan baju renang yang nyaman.

“Yang paling penting kalau capek jangan sampai dipijat, karena bisa merusak otot, kalau capek ya istirahat,” katanya.

Meski baru mengikuti perlombaan sejak 2016 lalu, ia berhasil memperoleh lima medali, yakni tiga perunggu dan dua emas, serta tiga piala juara tiga dan beberapa piagam.

Sementara itu, guru pembimbing ekstrakurikuler, Didin Sumono melihat potensi Anindya yang luar biasa, mengarahkannya untuk mengikuti klub renang yang ada di Ponorogo. Dari sanalah bakat dan kemampuannya semakin terasah.

“Diarahkan ikut klub supaya semakin berprestasi,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.