100 Kyai Mataraman Usulkan Saifullah Yusuf sebagai Cagub Jatim 2018 dari PKB

Petrus - 25 May 2017
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu dengan sejumlah Kyai wilayah Mataraman di Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sekitar 100 Kyai pengasuh pondok pesantren se-wilayah Mataraman melakukan musyawarah di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Rabu (25/5/2017). Para Kyai berkumpul untuk menentukan sikap terkait dukungan kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf untuk maju sebagai Calon Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2018.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, yang bertujuan menyerap aspirasi dan mendengarkan petuah atau masukan dari para Kyai mengenai pemilihan Calon Gubernur Jawa timur.

Dari pertemuan itu disepakati adanya rekomendasi untuk Saifullah Yusuf, yang diusulkan kepada Muhaimin Iskandar untuk diusung oleh PKB pada Pilgun Jawa Timur 2018. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku, jika para Kyai mengusulkan nama tunggal yakni Syaifullah yusuf, untuk dipilih sebagai Calon Gubernur Jawa timur oleh PKB.

“Beliau-beliau berpesan kepada saya, satu nama segera diputuskan untuk segera disosialisaikan menjadi Calon Gubernur tungal dari PKB. Kyai-kyai berpesan nama yang diusulkan kepada saya adalah Saifullah Yusuf,” kata Muhaimin Iskandar.

Dengan adanya rekomendasi ini, Muhaimin Iskandar akan berupaya untuk memperjuangkannya dengan mentaati nasehat dari para Kyai. Sementara mengenai calon lain dari internal PKB yang sebelumnya telah disuarakan, Muhaimin akan meyakinkan partainya terutama di tingkat wilayah dan cabang, untuk berlapang dada menerima keputusan para Kyai.

“Saya selaku Ketua Umum, akan mencoba meyakinkan dan meminta pak Halim (Halim Iskandar) untuk berlapang dada menerima perintah para Kyai,” ujar Muhaimin.

Rencana, setelah bertemu dan bertatap muka dengan 100 Kyai Mataraman, yang berasal dari wilayah Kediri, Tulunganggung, dan Trenggelek, Muhaimin direncanakan akan mendatangi pertemuan serupa untuk menemui 100 Kyai di wilayah tapal kuda. Selanjutnya, Muhaimin juga akan melanjutkan pertemuan dengan para Kyai di salah satu pondok pesantren di Sidoarjo.

“Saya harus bekerja 2 kali 24 jam ini. Memanggil cabang-cabang dan menggelar rapat DPP di Jawa Timur, dan DPP di Jakarta untuk memutuskan satu nama. Tetapi perintah para Kyai akan saya perjuangankan,” tandasnya.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.