1.000 Barong Nusantara Ramaikan Festival Panji Nasional di Kediri

Petrus - 23 July 2017
Atraksi 1.000 Barong Nusantara pada Festival Panji Nasional di Kabupaten Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebanyak 2.383 pelaku seni ikut ambil bagian dalam tari kolosal 1.000 Barong Nusantara, Sabtu (22/7/2017). Tari Kolosal 1.000 Barong Nusantara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Panji Nasional, yang digelar di lokasi wisata Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Tari Kolosal 1.000 Barong Nusantara tersebut diikuti tidak hanya oleh pelaku seni dari Kediri, melainkan dari 17 daerah lain seperti Balikpapan, Bontang, Ambon, Ponorogo, Trenggalek, Malang, Semarang, DKI Jakarta serta daerah lainya. Jumlah peserta tari kolosal ini jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan pementasan tari yang sama di Jakarta.

“Jakarta sampai saat ini baru bisa menghadirkan 9 daerah untuk Festival Barong, tetapi di Kediri ada 17 daerah peserta yang bisa hadir, ini harus diapresiasi,” kata Wakil Bupati Kediri, Maskuri.

Maskuri menjelaskan, disebut 1.000 Barong Nusantara, karena jumlah mengikuti sangat banyak. Melalui acara ini diharapkan dapat mengenalkan kesenian daerah, yang di tahun mendatang dapat diikuti oleh lebih banyak lagi peserta.

“Ini merupakan salah satu tarian khas Kediri, yang harus dilestarikan,” tandasnya.

Tarian kolosal ini diselenggarakan setiap tahun, dan pada tahun ini merupakan yang ke lima kalinya. Pementasan seni tari barong yang merupakan puncak penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata 2017, mendapat perhatian dari ribuan penonton atau masyarakat yang datang langsung ke lokasi.(fl/red) 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.